Tips mengevaluasi Sistem Belanja Online Open-Source (Open Source Shopping Cart)

Software open-source telah cukup memiliki jati dirinya akhir-akhir ini, kini telah umum digunakan mulai dari multimedia player, sistem operasi dan aplikasi web. Bahkan, perusahaan-perusahaan di seluruh dunia telah memanfaatkan tipe software ini untuk kegiatan bisnis operasional mereka dari hari ke hari. Program open source dapat disesuaikan dengan berbagai kebutuhkan untuk berbagai jenis industri dan segmen pasar. Salah satu software yang kini telah cukup populer adalah sistem belanja online.

Program open source sistem belanja online memberikan solusi alternatif yang lebih murah dibandingkan dengan sistem komersial dalam bentuk tradisional. Mungkin gambaran terbesar dari program-program ini adalah kemampuannya dalam menyediakan sistem dagang online dan bentuk software yang dapat dikustomisasi secara unik sesuai dengan kebutuhkan bisnis masing-masing orang. Semua ini menjadi nyata dengan dukungan aktif komunitas web yang menyediakan template, module dan tersedianya secara luas komponen bermacam bervariasi sebagai pendukung untuk meningkatkan performa software online shopping.

Apa yang harus dicari

Saat kita mencari sebuah software, entah itu open-source atau software berlisensi, sangat penting bagi seorang pedagang untuk mengevaluasi dan meneliti secara keseluruhan tentang produk yang ditawarkan sebelum menggunakannya. Karena tidak ada satu solusi yang bisa digunakan untuk semua toko, sangat penting untuk memilih sistem belanja yang sesuai bagi anda secara pribadi. Berikut beberapa fitur penting yang perlu anda perhatiakan untuk sebuah produk open-source:

Kapasitas Produk - Pemilik toko online harus dapat memperkirakan batas kapasitas produk mereka. Misalnya, anda memiliki katalog produk yang memiliki lebih dari 500 produk sedangkan shopping cart hanya mampu hingga 200 item, maka anda harus mengetahuinya bahwa software tersebut tidak memenuhi kebutuhan. Namun sejauh ini umumnya open-source shopping cart mendukung jumlah produk yang tidak terbatas.

Performa sistem - Sistem toko online yang ketinggalan jaman, lambat adalah cara paling mudah mengirim customer anda kepada pesaing anda. Dalam hal ini, anda perlu teliti dan berhati-hati untuk memastikah sistem belanja online anda menyajikan performa yang optimal. Kebanyakan hal ini berbagantung pada konfigurasi server, tetapi kualitas software juga cukup berpengaruh dalam perfoma sistem web.

Dukungan Komunitas - Software sistem belanja yang open-source umumnya tidak memiliki dukungan teknis secara resmi atau layanan customer, yang berarti tidak adanya nomor telepon hotline untuk dihubungi apabila anda mengalami problem. Oleh karena itu maka anda perlu mencari sebuah software yang didukung oleh komunitas developer yang kuat dan para pengguna yang secara solid mendukung proyek. Jadi apabila tidak ada jaminan support secara pasti, maka anda dapat mencoba menggunakan forum untuk mencari solusi berbagai problem yang anda alami serta menjajaki berapa lama respon dari para user dalam menjawab problem anda.

Dukungan Sistem Pembayaran  - apabila anda ingin sistem belanja online yang dapat memproses pembayaran kartu kredit dan kartu debit, maka anda perlu mencari software open-source yang mendukung third-party payment gateway. Seharusnya ini tidak terlalu sulit, karena umumnya sistem belanja online open source mendukung sebagian besar sistem pembayaran online dan payment gateway service provider.

Feedback